cara bikin motor harian kencang
selamat sore agan2 sekalian,disini ane mau kasih tips gimana bikin motor atau tunggangan kita jadi lebih yahud performanya,dan bisa dibikin kencang tapi gak terrlalu extreem,kan buat harian.
caranya gak terlalu susah kok membikin motor harian tambah kencang tinggal ikuti langkah2 dibawah ini.
kebetulan sehari hari ane gunakan motor honda karisma th 2005,motor yang sudah belasan tahun umurnya,dan tentunya performanya gak lagi seperti yang dulu,bahkan tarikannya moloor banget,
nah setelah pikir2 gimana caranya motor tua ane bisa lari lagi kaya dulu,bahkan bisa ngejar motor2 baru sekarang(ngejar2 emangnya maling apa)wkwk..
oke langsung saja ketopik,
karisma mempunyai kubikasi mesin yang sama plek dengan supra x 125 ,perbedaanya cuman sedikit,jadi upgrade mesin karisma dapat juga diaplikasikan di supra,
lanjut,jika ingin membikin motor harian kencang,ada beberapa cara yang bisa bikin motor harian anda bisa berlari kencang
1.pertama yang harus dilakukan adalah menaikan kompresi,dan bore up langkah yang lazim dan umum dilakukan untuk ngejar tenaga motor yang galak dan kencang top speednya
disini ane pakai piston NPP kaze 54 mm oversize 100,masih aman kok,bisa nenggak bensin eceran,
jangan lupa bila ke tukang bubut untuk di reamerdome pistonnya biar gak terlalu jenong alias ketinggian kompresi,serta coakan klepnya,di tukang bubut sudah paham bro,biaya bubut kurang lebih 20k dan reamerdome piston juga 20k,oke langkah pertama selesai,
2.durasi noken as,noken as adalah pengatur buka tutup klep,jadi tenaga naik sangat signifikan jika durasinya diubah,cukup bubut pantat noken in 1.5mm saja dan ex 1mm saja,serahkan juga ma tukang bubut,biar gak kerepotan.lanjut kelangkah ketiga
3.ubah pengapian standar yang pakai limiter rendah jadi limiter yang lebih tinggi dengan cdi racing,banyak pilihannya tergantung budget masing2,
harganya direntang 400k keatas
kalau ane sih saranin cdi brt hyperband,harganya 440k gak terlalu mahal,untuk membuat motor harian kencang
4.mengganti knalpot motor dengan knalpot racing,jika mesn tenaga gede tp knalpot standar,nanti bisa ngeden larinya,gak bisa kontan dan kencang,tapi jangan yg extreem,mengingat ni buat harian,jadi pilih yang suaranya agak kalem,,
5.kampas kopling dan pir kopling,pakai yang aftetmartket contohnya TDR,biar tarikan pas gigi dimasukkan lebih juooozzz,
6.karburator,mengingat motor untuk harian,bisa hanya mengganti main jet dan pilot jet,naikkan ukuran 1 step sudah cukup,biar gak terlalu boros,dan langkah yang terakhir adalah
7.megganti final gear dengan ukuran 14 mata untuk depan dan 38 mata untuk gir belakang,,selesai...
caranya gak terlalu susah kok membikin motor harian tambah kencang tinggal ikuti langkah2 dibawah ini.
kebetulan sehari hari ane gunakan motor honda karisma th 2005,motor yang sudah belasan tahun umurnya,dan tentunya performanya gak lagi seperti yang dulu,bahkan tarikannya moloor banget,
nah setelah pikir2 gimana caranya motor tua ane bisa lari lagi kaya dulu,bahkan bisa ngejar motor2 baru sekarang(ngejar2 emangnya maling apa)wkwk..
oke langsung saja ketopik,
karisma mempunyai kubikasi mesin yang sama plek dengan supra x 125 ,perbedaanya cuman sedikit,jadi upgrade mesin karisma dapat juga diaplikasikan di supra,
lanjut,jika ingin membikin motor harian kencang,ada beberapa cara yang bisa bikin motor harian anda bisa berlari kencang
1.pertama yang harus dilakukan adalah menaikan kompresi,dan bore up langkah yang lazim dan umum dilakukan untuk ngejar tenaga motor yang galak dan kencang top speednya
disini ane pakai piston NPP kaze 54 mm oversize 100,masih aman kok,bisa nenggak bensin eceran,
jangan lupa bila ke tukang bubut untuk di reamerdome pistonnya biar gak terlalu jenong alias ketinggian kompresi,serta coakan klepnya,di tukang bubut sudah paham bro,biaya bubut kurang lebih 20k dan reamerdome piston juga 20k,oke langkah pertama selesai,
2.durasi noken as,noken as adalah pengatur buka tutup klep,jadi tenaga naik sangat signifikan jika durasinya diubah,cukup bubut pantat noken in 1.5mm saja dan ex 1mm saja,serahkan juga ma tukang bubut,biar gak kerepotan.lanjut kelangkah ketiga
3.ubah pengapian standar yang pakai limiter rendah jadi limiter yang lebih tinggi dengan cdi racing,banyak pilihannya tergantung budget masing2,
harganya direntang 400k keatas
kalau ane sih saranin cdi brt hyperband,harganya 440k gak terlalu mahal,untuk membuat motor harian kencang
4.mengganti knalpot motor dengan knalpot racing,jika mesn tenaga gede tp knalpot standar,nanti bisa ngeden larinya,gak bisa kontan dan kencang,tapi jangan yg extreem,mengingat ni buat harian,jadi pilih yang suaranya agak kalem,,
5.kampas kopling dan pir kopling,pakai yang aftetmartket contohnya TDR,biar tarikan pas gigi dimasukkan lebih juooozzz,
6.karburator,mengingat motor untuk harian,bisa hanya mengganti main jet dan pilot jet,naikkan ukuran 1 step sudah cukup,biar gak terlalu boros,dan langkah yang terakhir adalah
7.megganti final gear dengan ukuran 14 mata untuk depan dan 38 mata untuk gir belakang,,selesai...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar